Minggu, 14 April 2013

pendekatan dan metode penelitian


Tugas Individu

“BAB III
“PENDEKATAN DAN METODE PENELITIAN”









Text Box: Nama : Rusmadi Rukmana, S.Si
Nim : 12B13052
Kelas : B (Pendidikan Biologi)
 














PENDIDIKAN BIOLOGI
PROGRAM PENDIDIKAN PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
2013

Latihan Bab III
1.       Jelaskan macam-macam metode penelitian kualitatif.
Jawab:
Metode kualitatif secara garis besar  dibedakan dalam dua macam, kualitatif interaktif dan non interaktif.
a.       Metode   kualitatif interaktif, merupakan studi yang mendalam menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari orang dalam lingkungan alamiahnya. Penelitian menginterpretasikan  fenomena-fenomena bagaimana orang mencari makna daripadanya.
b.      Penelitian non  interaktif (non interaktif inquiry)  disebut juga penelitian analitis, mengadakan pengkajian berdasarkan analisis dokumen. Peneliti menghimpun, mengidentifikasi , menganalisis, dan mengadakan sintesis data untuk kemudian memberikan interpretasi terhadapa konsep, kebijakan, peristiwa yang secara langsung ataupun tidak  langsung  dapat  diamati. Sumber datanya adalah dokumen-dokumen.


2.       Jelaskan perbedaan antara metode penelitian kuantitatif eksperimental dengan non eksperimental.
Jawab:
a.       Penelitian eksperimental merupakan  penelitian yang paling murni kuantitatif. Semua prinsip dan kaidah-kaidah  penelitian kuantitatif dapat diterapkan pada metode ini. Penelitian ekperimental merupakan penelitian laboratorium, walaupun bisa juga dilakukan di luar laboratorium, tetapi pelaksanaannya menereapkan prinsip-prinsip penelitian laboratorium, terutama dalam penggontrolan  terhadap hal-hal yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Metode ini bersifat validation  atau menguji, yaitu menguji pengaruh satu atau lebih variabel terhadap variabel lain. Ada beberapa variasi dari penelitian eksperimental  yaitu ; eksperimen murni, eksperimen  kuasi, eksperimen lemah, subyek tunggal.
b.      Penelitian noneksperimental  terdiri atas beberapa metode penelitian  yang bersifat peelitian kuantitatif yaitu; descriptif, survai, ekspos fakto, komparatif, korelasional, dan penelitian tindakan.






3.       Jelaskan beberapa perbedaan mendasar antara pendekatan peneilitian kuantitatif dengan kualitatif.
Jawab:
Perbedaan penilitian kuantitatif  dengan penelitian kualitatif dapat dilihat pada table di bawah ini:
No
Penelitian  Kuantitatif
Penelitian Kualitatif
1
Berpijak pada konsep Positivistik
Berpijak pada konsep Naturalistik
2
Kenyataan berimensi tunggal fragmental terbatas, fixed
Kenyataan berdimensi jamak, kesatuan utuh, terbuka, berubah.
3
Hubungan antara peneliti dengan obyek lepas, penelitian dari luar dengan instrument standar yang objektif.
Hubungan peneliti dengan obyek  berinteraksi, penelitian dari luar dan dalam, penelitian sebagai instrument, bersifat subyektif, judgment.
4
Seting penelitian buatan lepas dari tempat dan waktu
Seting penelitian alamiah, terkait tempat dan waktu.
5
Analisis kuantitatif, statistic, obyektif
Analisis subyektif, intuitif, rasional.
6
Hasil penelitian berupa inferensi, generalisasi, prediksi.
Hasil penelitian berupa deskripsi, interpretasi, tentative-situasional.

4.       Dapat memberikan argumentasi bahwa metode study kasus (kuantitatif) itu bersifat deskriptif, eksplanatif, dan tidak validatif. Sedang eksperimen sebaliknya
Jawab:
Studi kasus (case study) merupakan  suatu penelitian yang dilakukan terhadap  “kesatuan system”. Studi kasus adalah suatu penelitian  yang diarahkan  untuk menghimpun data ,mengambil makna , memperoleh pemahaman  dari kasus tersebut. Kasus sama sekali  idak mewakili populasi  dan tidak dimaksudkan untuk memperoleh kesimpulan  dari populasi. Kesimpulan studi kasus  hanya berlaku  untuk  kasusu tersebut.  
5.       Dapat memberikan beberapa contoh  penggunaan metode penelitian kualitatif dalam bidang kurikulum dan pembelajaran
Jawab:
Contoh penggunaan penelitian kualitatif dalam bidang kurikulum dan pembelajaran:
v  Analisis kebijakan kurikulum berkarakter terhadap hasil ujian akhir sekolah di SMA N 1 Makassar.

6.       Dapat memberikan beberapa contoh penggunaan metode penelitian tindakan dan penelitian pengembangan dalam bidang kurikulum dan pembelajaran.
Jawab:
v  Pengembangan praktik dan pelaksanaan kurikulum berdasarkan  nilai-nilai budaya lokal di sekolah SMA N 2 Makassar.
v  Penggunaan media belajar terhadap hasil belajar peserta didik.
v  Implementasi kurikulum KTSP terhadap mutu hasil pendidikan di kab. Jeneponto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar