Tugas Individu
“BAB III
“PENDEKATAN DAN
METODE PENELITIAN”
PENDIDIKAN
BIOLOGI
PROGRAM
PENDIDIKAN PASCASARJANA
UNIVERSITAS
NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
2013
Latihan Bab III
1.
Jelaskan macam-macam metode penelitian
kualitatif.
Jawab:
Metode kualitatif secara garis besar dibedakan dalam dua macam, kualitatif
interaktif dan non interaktif.
a. Metode kualitatif interaktif, merupakan studi yang
mendalam menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari orang dalam
lingkungan alamiahnya. Penelitian menginterpretasikan fenomena-fenomena bagaimana orang mencari
makna daripadanya.
b. Penelitian
non interaktif (non interaktif inquiry) disebut juga penelitian analitis, mengadakan
pengkajian berdasarkan analisis dokumen. Peneliti menghimpun, mengidentifikasi
, menganalisis, dan mengadakan sintesis data untuk kemudian memberikan
interpretasi terhadapa konsep, kebijakan, peristiwa yang secara langsung
ataupun tidak langsung dapat
diamati. Sumber datanya adalah dokumen-dokumen.
2.
Jelaskan perbedaan antara metode penelitian
kuantitatif eksperimental dengan non eksperimental.
Jawab:
a. Penelitian
eksperimental merupakan penelitian yang
paling murni kuantitatif. Semua prinsip dan kaidah-kaidah penelitian kuantitatif dapat diterapkan pada
metode ini. Penelitian ekperimental merupakan penelitian laboratorium, walaupun
bisa juga dilakukan di luar laboratorium, tetapi pelaksanaannya menereapkan
prinsip-prinsip penelitian laboratorium, terutama dalam penggontrolan terhadap hal-hal yang mempengaruhi jalannya
eksperimen. Metode ini bersifat validation
atau menguji, yaitu menguji pengaruh
satu atau lebih variabel terhadap variabel lain. Ada beberapa variasi dari
penelitian eksperimental yaitu ;
eksperimen murni, eksperimen kuasi,
eksperimen lemah, subyek tunggal.
b.
Penelitian noneksperimental terdiri atas beberapa metode penelitian yang bersifat peelitian kuantitatif yaitu;
descriptif, survai, ekspos fakto, komparatif, korelasional, dan penelitian
tindakan.
3.
Jelaskan beberapa perbedaan mendasar antara
pendekatan peneilitian kuantitatif dengan kualitatif.
Jawab:
Perbedaan penilitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif dapat dilihat
pada table di bawah ini:
No
|
Penelitian Kuantitatif
|
Penelitian Kualitatif
|
1
|
Berpijak pada konsep Positivistik
|
Berpijak pada konsep Naturalistik
|
2
|
Kenyataan berimensi tunggal fragmental terbatas, fixed
|
Kenyataan berdimensi jamak, kesatuan
utuh, terbuka, berubah.
|
3
|
Hubungan antara peneliti dengan obyek lepas, penelitian
dari luar dengan instrument standar yang objektif.
|
Hubungan peneliti dengan obyek berinteraksi, penelitian dari luar dan
dalam, penelitian sebagai instrument, bersifat subyektif, judgment.
|
4
|
Seting penelitian buatan lepas dari tempat dan waktu
|
Seting penelitian alamiah, terkait
tempat dan waktu.
|
5
|
Analisis kuantitatif, statistic, obyektif
|
Analisis subyektif, intuitif,
rasional.
|
6
|
Hasil penelitian berupa inferensi, generalisasi,
prediksi.
|
Hasil penelitian berupa deskripsi, interpretasi,
tentative-situasional.
|
4.
Dapat memberikan argumentasi bahwa metode study
kasus (kuantitatif) itu bersifat deskriptif, eksplanatif, dan tidak validatif.
Sedang eksperimen sebaliknya
Jawab:
Studi kasus (case study)
merupakan suatu penelitian yang
dilakukan terhadap “kesatuan system”.
Studi kasus adalah suatu penelitian yang
diarahkan untuk menghimpun data
,mengambil makna , memperoleh pemahaman
dari kasus tersebut. Kasus sama sekali
idak mewakili populasi dan tidak
dimaksudkan untuk memperoleh kesimpulan
dari populasi. Kesimpulan studi kasus
hanya berlaku untuk kasusu tersebut.
5.
Dapat memberikan beberapa contoh penggunaan metode penelitian kualitatif dalam
bidang kurikulum dan pembelajaran
Jawab:
Contoh penggunaan penelitian kualitatif
dalam bidang kurikulum dan pembelajaran:
v
Analisis kebijakan kurikulum berkarakter
terhadap hasil ujian akhir sekolah di SMA N 1 Makassar.
6.
Dapat memberikan beberapa contoh penggunaan
metode penelitian tindakan dan penelitian pengembangan dalam bidang kurikulum dan
pembelajaran.
Jawab:
v
Pengembangan praktik dan pelaksanaan kurikulum
berdasarkan nilai-nilai budaya lokal di
sekolah SMA N 2 Makassar.
v
Penggunaan media belajar terhadap hasil belajar
peserta didik.
v
Implementasi kurikulum KTSP terhadap mutu hasil
pendidikan di kab. Jeneponto.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar